CATIN SIAP CEGAH STUNTING

 PUSKESMAS BANGODUA - Calon pengantin (catin) memiliki peran penting dalam pencegahan stunting. Hal ini karena catin merupakan fondasi awal dari kehidupan keluarga dan anak. Catin yang memiliki status gizi baik dan menerapkan gaya hidup sehat akan lebih siap untuk menjalani kehamilan dan melahirkan anak yang sehat.


Hari ini, Senin 29 Juli 2024 UPTD Puskesmas Bangodua melakukan penyuluhan kepada para calon pengantin di KUA Kecamatan Bangodua karena Calon  pengantin  merupakan  salah  satu  sasaran  yang  turut  mendapat  perhatian  dalam pengentasan  masalah stunting,  dimana  para  pasangan  catin  merupakan  pasangan  usia  subur yang  akan  mendapatkan  keturunan  sehingga  diharapkan  keturunan  yang  diperoleh  sehat jasmani,  memiliki  kecerdasan  yang  tinggi  dan tidak stunting (pendek). Tidak hanya persiapan menjadi calon ibu saja, namun juga persiapan menjadi calon ayah yang juga berperan dalam 1000 HPK untuk mencegah stunting.

Pola asuh dan status gizi sangat dipengaruhi oleh pemahaman orang tua (seorang ibu) dalam mengatur kesehatan dan gizi di keluarganya. Karena itu, edukasi diperlukan agar dapat mengubah perilaku yang bisa mengarahkan pada peningkatan kesehatan gizi atau ibu dan anaknya. 



Komentar

Postingan populer dari blog ini

UPTD PUSKESMAS BANGODUA MELAKUKAN KEGIATAN KELAS BALITA SERTA MAKAN BERSAMA ANAK STUNTING

GERAKAN MAKAN BERSAMA ANAK BALITA STUNTING BERSAMA BINWIL DINAS KESEHATAN INDRAMAYU DI KEC. BANGODUA