Pelatihan Kader Pembuatan PMT Lokal Oleh UPTD Puskesmas Bangodua

 


Stunting masih menjadi perhatian pemerintah dan juga menjadi perhatian dari semua pihak karena stunting masih saja ada dilingkungan kita bahkan tanpa kita sadari stuntig bisa saja mengancam anak anak dilingkungan keluarga kita. Stunting adalah kondisi yang di tandai dengan kurangnya tinggi badan anak apabila dibandingkan dengan anak yang lain seusianya. Sederhananya, stunting merupakan sebutan bagi gangguan pertumbuhan pada anak, penyebab utama dari stunting adalah kurangnya asupan nutrisi selama masa pertumbuhan anak. Balita stunting adalah termasuk masalah gizi kronis yang di sebabkan oleh banyak faktor seperti kondisi sosial ekonomi, gizi ibu saat hamil, kesakitan pada bayi, dan kurangnya asupan gizi.


Pada Tgl 12 Juli 2024 bertempat di Balai Desa Karanggetas diadakan kegiatan demo masak sehat mengolah bahan makanan sehat sebagai upaya pencegahan stunting pada balita. Dalam kegiatan tersebut diisi juga dengan kegiatan cara penggunaan alat ukur tingi badan dan berat badan balita yang di hadiri oleh Kader Posyandu Se-Kecamatan Bangodua, yang diisi oleh Petugas Gizi Puskesmas Bangodua diharapkan dengan kegiatan tersebut peserta menjadi tau bagaimana cara mengolah bahan makanan sehat yang baik untuk perkembangan Balita dan bisa memenuhi gizi balita dan mendukung program pemerintah dalam pencegahan stunting khususnya di Wilayah Kerja UPTD Puskesmas Bangodua.


Kepala UPTD Puskesmas Bangodua drg.Maya Tristiani, menyampaikan “Makanan yang diberikan kepada anak bukan yang penting banyak dan kenyang, tapi juga makanan yang bervariasi dan lengkap seperti sayuran, lauk dan buah. Jika dibiarkan kekurangan gizi maka dapat menyebabkan anak tidak bisa tumbuh dengan tinggi atau berat badan yang semestinya," jelasnya, Jum’at(12/07/2024).


Sementara Petugas Gizi Puskesmas Bangodua, Debri Indriyani,S.Gz mengatakan, "Salah satu penyebab stunting kan tidak terpenuhinya gizi lengkap dalam makanan anak. Karena itu kita adakan demo memasak agar bisa ditiru oleh orang tuanya," Tuturnya.

 Kegiatan Demo Masak makanan lengkap dan sehat  dimaksudkan untuk secepatnya mengatasi stunting di Wilayah Kerja Kecamatan Bangodua. Maka dengan makanan bergizi diharapkan anak atau postur pertumbuhan anak menjadi jauh lebih normal, bahkan sama dengan anak-anak seusianya dan tidak mengalami keterlambatan berpikir.



 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

UPTD PUSKESMAS BANGODUA MELAKUKAN KEGIATAN KELAS BALITA SERTA MAKAN BERSAMA ANAK STUNTING

GERAKAN MAKAN BERSAMA ANAK BALITA STUNTING BERSAMA BINWIL DINAS KESEHATAN INDRAMAYU DI KEC. BANGODUA