Skrining Pemeriksaan Katarak di UPTD Puskesmas Bangodua Indramayu

 


PUSKESMAS BANGODUA-Katarak merupakan kelainan pada lensa mata berupa kekeruhan yang menyebabkan tajam penglihatan penderita berkurang. Katarak lebih sering dijumpai pada orang tua dan merupakan penyebab kebutaan nomor satu di seluruh dunia. Kekeruhan yang terjadi pada katarak diakibatkan oleh hidrasi, denaturasi protein dan proses penuaan sehingga memberikan gambaran area berwarna putih seperti awan pada mata. Kekeruhan ini menyebabkan sulitnya cahaya mencapai retina sehingga penderita katarak mengalami gangguan penglihatan.


 Penatalaksanaan kasus katarak dapat dilakukan dengan cara operasi.

Operasi katarak merupakan sebuah prosedur pengeluaran lensa mata kemudian menggantinya dengan lensa buatan. Operasi katarak ini sendiri merupakan prosedur operasi yang umum dilakukan di seluruh dunia.


Senin 15 Juli 2024, Bertempat di Puskesmas Bangodua Kabupaten Indramayu, mengadakan Kegiatan Skrining Operasi Katarak bagi masyarakat Indramayu.

Dalam keterangannya Pemegang Program Indra (Mata) Puskesmas Bangodua, Wiheri, AMK., mengatakan bahwa tujuan
diadakannya kegiatan ini untuk mengurangi angka kebutaan yang ada di Kabupaten Indramayu Untuk Indramayu BERMARTABAT.



Proses skrining ini mencakup pemeriksaan tekanan darah, gula darah, pemeriksaan mata, dan pemeriksaan kesehatan lainnya.

peserta yang lolos skrining akan menjalani operasi katarak pada tanggal 16 Juli 2024,. Operasi akan dilaksanakan di UPTD Puskesmas Sukra Kab.Indramayu.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

UPTD PUSKESMAS BANGODUA MELAKUKAN KEGIATAN KELAS BALITA SERTA MAKAN BERSAMA ANAK STUNTING

GERAKAN MAKAN BERSAMA ANAK BALITA STUNTING BERSAMA BINWIL DINAS KESEHATAN INDRAMAYU DI KEC. BANGODUA