PENJARINGAN KESEHATAN DAN PEMERIKSAAN BERKALA DI SEKOLAH WILAYAH KERJA UPTD PUSKESMAS BANGODUA


 

UPTD PUSKESMAS BANGODUA_ Melaksanakan kegiatan penjaringan di sekolah-sekolah wilayah Kerja UPTD PUSKESMAS BANGODUA,Senin(05/08/2024), Penjaringan kesehatan merupakan rangkaian pemeriksaan kesehatan (skrining) yang dilakukan pada seluruh peserta didik baru yaitu kelas 1 (satu) SD/MI,7 (tujuh) SMP/MTs dan 10 (sepuluh) SMA/SMK/MA (entry level), sedangkan pemeriksaan berkala adalah rangkaian pemeriksaan kesehatan (skrining) yang dilakukan pada seluruh peserta didik kelas 2-6 SD/MI, 8-9 SMP/ MTs dan 11-12 SMA/SMK/MA.

Kegiatan

Penjaringan kesehatan dan pemeriksaan berkala dilakukan melalui:

• Pemeriksaan kesehatan menggunakan kuesioner. Kuesioner berisi pertanyaan mengenai riwayat kesehatan keluarga, diri, imunisasi dan perilaku terkait kesehatan lainnya.

• Pemeriksaan kesehatan secara fisik oleh sekolah/madrasah (guru dan kader kesehatan sekolah) dan petugas Puskesmas Pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh sekolah/madrasah antara lain:

 pengukuran tinggi badan, berat badan, tekanan darah (menggunakan pengukur tekanan darah digital bila tersedia) pemeriksaan ketajaman penglihatan dan pemeriksaan kebersihan diri (kuku, rambut) serta pemeriksaan kebugaran jasmani.

Sedangkan pemeriksaan fisik yang dilakukan oleh Puskesmas meliputi pemeriksaan klinis yang harus dilakukan tenaga kesehatan seperti pemeriksaan gigi dan mulut, pemeriksaan telinga, denyut jantung dan pernapasan dan lain lain.


Jenis Pemeriksaan Kesehatan





Waktu

Penjaringan kesehatan dan pemeriksaan berkala dilaksanakan minimal 1 (satu) kali dalam setahun dimulai pada awal tahun ajaran baru. Sekolah/madrasah membagikan kuesioner dan mengumpulkan kuesioner yang telah terisi serta melakukan pemeriksaan kesehatan fisik yang dapat dilakukan sekolah/madrasah beberapa hari sebelum hari pelaksanaan pemeriksaan fisik oleh Puskesmas.

Tempat

Penjaringan kesehatan dan pemeriksaan berkala dilakukan di kelas atau ruangan lain yang kondusif.

Pelaksana

• Sekolah/madrasah (kepala sekolah/madrasah, guru UKS/M, guru kelas, guru PJOK, kader kesehatan sekolah)

• Puskesmas

Komentar

Postingan populer dari blog ini

UPTD PUSKESMAS BANGODUA MELAKUKAN KEGIATAN KELAS BALITA SERTA MAKAN BERSAMA ANAK STUNTING

GERAKAN MAKAN BERSAMA ANAK BALITA STUNTING BERSAMA BINWIL DINAS KESEHATAN INDRAMAYU DI KEC. BANGODUA